Jumat, 05 Juli 2013

AKSI KORPORASI Matahari Segera Main di Minimarket


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah cukup kuat di bisnis hipermarket dengan mengusung brandHypermart, kini PT Matahari Putra Prima Tbk berniat ekspansi jaringan bisnis ritel dengan konsep baru. Kabarnya, perusahaan berkode saham MPPA ini akan menyasar segmen pasar yang lebih kecil, yaitu dengan membuka ritel sekelas minimarket.

Corporate Communication Manager MPPA, Fernando Repi mengakui adanya rencana tersebut. Dia menuturkan, perusahaan kini sedang mempersiapkan konsep baru dagang ritel itu. 

Dengan ekspansi ke segmen minimarket, MPPA berharap lebih memperkuat jaringan bisnis perseroan ke depannya. Sayang, Fernando belum bersedia membeberkan lebih rinci soal rencana tersebut. Sebab, "Sampai saat ini masih kami godok. Rencananya, pekan depan akan dibahas lebih fokus soal ekspansi ini," ujarnya, Selasa (24/7/2012).

Menurutnya, konsep minimarket itu bisa saja seperti minimarket yang sedang marak sekarang, misalnya sejenis Alfamart dan Indomart.  Adapun, kabar yang beredar menyebutkan, MPPA berencana mengusung minimarket bernama BigMart. "Semua bisa terjadi, tergantung hasil penjajakan manajemen," kilah Fernando.

Tapi, dia juga menyebut, kehadiran toko dengan konsep baru itu mungkin pula disiapkan untuk rebranding Foodmart. Sebagai catatan, Foodmart adalah gerai yang saat ini dimiliki perseroan. "Seperti apa bentuknya tunggu saja nanti. Yang pasti, konsep baru ini akan dikelola dan menjadi milik kami sendiri," tukas Fernando. 

Dia pun tidak bisa memproyeksikan waktu realisasi rencana tersebut, sebab masih dalam pematangan rencana.

Sekedar informasi, Matahari Putra Prima adalah perusahaan ritel dengan fokus bisnis menyediakan keperluan pangan. Melalui unit bisnis strategisnya, Matahari Food Business (MFB), MPPA terus memperluas cakupan usahanya. Perseroan memiliki beberapa brand, yaitu Hypermart, Foodmart dan outlet pusat kesehatan dan kecantikan bertajuk Boston Chain Health and Beauty.

Hingga akhir 2011, MPPA telah mengoperasikan 63 Hypermart di 37 kota, sebanyak 24 Foodmarts di 15 kota, dan 63 Boston yang tersebar di 34 kota.

Rencananya, tahun ini MPPA akan menambah sedikitnya 17 Hypermart. Di dalam setiap gerai tersebut, rencananya akan dibuka gerai Boston. Sampai dengan Mei tahun ini, perusahaan sudah mendirikan enam gerai baru. 

Dengan penambahan gerai baru itu, manajemen optimis bisa meraih target pertumbuhan pada unit bisnis MFB sebesar 40 persen.

Sebagai gambaran, gerai Hypermart adalah mesin utama pertumbuhan bisnis Perseroan. Sampai penghujung 2011, gerai Hypermart memberi kontribusi lebih dari 90 persen terhadap total penjualan perseroan.

Tahun ini, manajemen MPPA menargetkan pendapatan sebesar Rp 11,28 triliun. Jumlah tersebut meningkat 20 persen dibanding pencapaian tahun lalu, yaitu senilai Rp 9,4 triliun. Selain itu, perseroan juga membidik laba bersih sebesar Rp 200 miliar, atau naik sebesar 66,67 persen dari perolehan laba bersih di tahun lalu.(Albertus M. Prestianta/Kontan)
Sumber : KONTAN
Editor : Erlangga Djumena



Tidak ada komentar:

Posting Komentar