Rabu, 17 Oktober 2012

Pakde Minta Pimpinan Daerah Intervensi Toko Modern


Senin, 13 Agustus 2012 17:30 WIB | Dibaca: 328 | Editor: Suyanto | Reporter : Sri Wahyunik

SURYA Online, JEMBER - Pemerintah kabupaten/kota sebaiknya mengintervensi atas maraknya toko modern berjaringan di kabupaten/kota. Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo ketika berkunjung ke Jember.
"Harus ada intervensi dari pemerintah kabupaten. Kalau dibiarkan, akan terjadi liberalisasi," ujar Pakde Karwo ketika ditanya soal maraknya toko modern berjaringan di Jember, Senin (13/8/2012).
Pemerintah provinsi, kata Pakde Karwo, telah membuat kebiakan dengan pembuatan Perda. Namun otoritas pemberian izin pendirian toko modern berjaringan adalah pemerintah  kabupaten/kota. Pemprov tidak bisa membatasi kebijakan pemkab.
"Kalau jumlah toko modern berjaringan sudah sangat banyak maka Pemkab harus mengintervensi. "Harus ada pembicaraan antara perdagangan pusat dan lokal," tegasnya.
Ia mencontohkan pusat berbelanjaan raksasa Carrefour yang menerapkan sistem yang bagus karena menampung produk milik warga sekitar. Selain itu, rasio jarak juga harus diatur. "Itu bentuk intervensinya, seperti rasio jarak atau mencontoh Carrefour yang menjual produk warga sekitar. Kalau tidak begitu liberalisasi yang terjadi dan itu berbahaya," tegas Soekarwo.

http://surabaya.tribunnews.com/2012/08/13/pakde-minta-pimpinan-daerah-intervensi-toko-modern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar