Sabtu, 14 Juli 2012

Ministop, Minimarket Jepang, Serbu RI dengan Membuka 300 Gerai


Ministop, Minimarket Jepang, Serbu RI dengan Membuka 300 Gerai

Eben Ezer Siadari
Ministop
Ministop
Pasar Indonesia dijajah asing.
TOKYO, Jaringnews.com - Ministop.Co, operator minimarket asal Jepang mengumumkan akan menggarap pasar ritel Indonesia dengan membuka sedikitnya 300 gerai hingga Februari 2018 nanti. Gerai pertama diharapkan sudah akan beroperasi di Jakarta pada Februari 2013 nanti.

Ini merupakan salah satu langkah perusahaan tersebut untuk memasuki Indonesia yang dinilai mempunyai potensi permintaan pasar yang sangat menjanjikan dengan populasi serta pendapatannya yang terus bertumbuh. Indonesa merupakan negara ke lima di luar Jepang yang dimasuki oleh Ministop. Ministop sendiri adalah salah satu anak perusahaan raksasa ritel Jepang, Aeon Co.

Langkah memasuki pasar Indonesia ditempuh lewat kerjasama dengan PT Bahagia Niaga Lestari, sebuah unit ritel dibawah Udinda Co. Dalam kerjasama berbentuk sistem waralaba tersebut, PT Bahagia Niaga Lestari sebagai franchisee atau terwaralaba akan bertindak sebagai pembuka pintu dengan membuka gerai pertama di Jakarta. Gerai itu akan menggunakan format yang ditetapkan oleh Ministop dengan penyesuaian pada preferensi lokal.

Dari sudut pandang grup Aeon, langkah ini merupakan upaya mereka mencari sumber pertumbuhan pendapatan baru di luar Jepang. Dengan penduduk Jepang yang makin menyusut dan permintaan konsumen yang stagnan, sangat umum bagi perusahaan Jepang berekspansi ke luar negeri. Sebagaimana diberitakan oleh The Wall Street Journal, Aeon memperkirakan jumlah konsumen Asia berpendapatan sedang akan berlipat mencapai 2 miliar pada 2020 dan mereka yang bermukim di area perkotaan akan meningkat 400 juta menjadi 2,2 miliar dalam satu dekade ke depan.

Aeron telah mengoperasikan sekitar 2163 gerai di Korea Selatan, Filipina, Chin dan Vietnam per Juni 2012. Total gerai mereka di luar negeri kini melebihi jumlah yang ada di jepan, yakni 2.124.

Baru-baru ini minimarket asal Amerika Serikat, 7-Eleven, telah menjadi buah bibir dengan keberhasilannya menggarap Jakarta, sebagai minimarketnya anak-anak muda. Namun perlu dicatat, walau berasal dari AS, minimarket ini sejak tahun 2005 sudah dikuasai oleh Seven & I Holdings Co., sebuah perusahaan yang asalnya sama dengan Aeon, yakni  Jepang.
(Ben / Deb)http://jaringnews.com/internasional/asia/18725/ministop-minimarket-jepang-serbu-ri-dengan-membuka-gerai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar