Kamis, 21 Juni 2012

Inilah Kunci Sukses Kelola Minimarket Mandiri

http://kbr68h.com/perbincangan/obrolan-ekonomi/21066
KBR68H - Tidak perlu minder membangun usaha mini market mandiri alias  tidak bergabung dengan retailer besar. Ada empat trik sederhana untuk membuat usaha mini market Anda tetap moncer, meski retail besar menjamur. Konsultan Madani Retain Indonesia Asep Sujana mengatakan, empat kunci adalah lengkap, stok cukup, harga bersaing dan promo.
Usaha retail khususnya mini market modern menjual kelengkapan dalam kenyamanan berbelanja. Tidak seperti pasar kelontong tradisional yang sifatnya ‘dilayani’, disini pembeli melayani dirinya sendiri, lalu ke kasir untuk membayar belanjaannya.
Proses perijinan cukup mudah, dan untuk urusan modal bisa menyesuaikan budget Anda. Idealnya kata Asep, dibutuhkan 4,7 juta rupiah per meter persegi untuk mini market dengan 3000an produk. Atau ringkasnya, butuh sekitar 400 juta untuk usaha mini market seluas 100m2.
Namun hitung hitungan selalu bisa lebih rendah atau tinggi tergantung konsep Anda. Ellin Munthe, pengusaha mini market mandiri dari Dolok Sanggul Sumatera Utara mengaku memulai usaha ini bertahap. Modal dipinjam dari kanan kiri, sampai terkumpul 200 juta. Mulanya dia menggelontorkan dana 100 juta sebagai modal awal membangun mini market. Dia menggunakan lantai 1 rumah pribadinya seluas lebih dari 200 meter. Keunggulan tempat usaha Ellin, adalah posisi yang strategis dan dekat pasar.
Meski dekat pasar namun mini market Ellin ‘outstanding’ dengan konsep swalayan dan harga bersain, orang orang yang datang memilih belanjaan mereka sendiri.
Mengenai pemilihan lokasi adalah penting dalam setiap usaha, tidak terkecuali mini market. Konsultan Madani retail Asep Sujana mengatakan, posisi paling baik adalah di perumahan dan dekat pusat bisnis. Dilihat juga jarak antar mini market.
Lokasi yang menarik akan tambah ciamik dengan promo menarik. Karakteristik mini market adalah memiliki desain dan konsep swalayan dan juga promo. Sebaiknya promo jangan dadakan, melainkan sudah dikonsep per bulan atau per momentum. Tanggal yang paling tepat kata Asep adalah 25 akhir bulan sampai 5 awal bulan. Pas gajian pas belanja bulanan. Sementara promo bisa dibuat per bulan misal,  Januari promo awal tahun, Juni  promo liburan sekolah, atau Agustus promo merdeka mengenang kemerdekaan Indonesia.
Biaya promo sebenarnya tidak mahal, dan tidak akan mengurangi margin. Triknya dengan bekerjasama dengan supplier. Barang barang tertentu diberi diskon menarik, atau gratis souvenir.
Jika tampilan dan promo sudah mendatangkan konsumen loyal, kini saatnya membenahi administrasi keuangan mini market Anda. Untuk mini market dengan produk lebih dari 3000 buah, sudah perlu laporan yang terkoneksi system komputer untuk mempermudah pengecekan stok. Jadi arus barang masuk dan keluar, serta pembukuan lebih ringkas. Cara cara pencatatan manual akan merepotkan anda.
Mini market yang semakin ramai juga membutuhkan pengawasan ekstra. Pengusaha mini market dari sumatera utara Ellin Munthe menggunakan kamera pengintai. Dengan begitu kata dia, pengunjung jahil merasa sedikit terintimidasi.
Membangun usaha mini market memang gampang gampang susah. Ellin membuktikan dia bisa, meski tanpa bimbingan ahli. Namun jika Anda membutuhkan konsultasi yang lebih rinci dan privat, bisa menghubungi Asep Sujana dari Madani retail Indonesia di 08111882601 atau email di asep.sujana@gmail.com Bisa juga mengakses situs di www.madanimart.com
Tags:     mini market mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar