http://kbr68h.com/perbincangan/obrolan-ekonomi/21066 |
Usaha retail khususnya mini market
modern menjual kelengkapan dalam kenyamanan berbelanja. Tidak seperti
pasar kelontong tradisional yang sifatnya ‘dilayani’, disini pembeli
melayani dirinya sendiri, lalu ke kasir untuk membayar belanjaannya.
Proses perijinan cukup mudah, dan untuk
urusan modal bisa menyesuaikan budget Anda. Idealnya kata Asep,
dibutuhkan 4,7 juta rupiah per meter persegi untuk mini market dengan
3000an produk. Atau ringkasnya, butuh sekitar 400 juta untuk usaha mini
market seluas 100m2.
Namun hitung hitungan selalu bisa lebih
rendah atau tinggi tergantung konsep Anda. Ellin Munthe, pengusaha mini
market mandiri dari Dolok Sanggul Sumatera Utara mengaku memulai usaha
ini bertahap. Modal dipinjam dari kanan kiri, sampai terkumpul 200
juta. Mulanya dia menggelontorkan dana 100 juta sebagai modal awal
membangun mini market. Dia menggunakan lantai 1 rumah pribadinya seluas
lebih dari 200 meter. Keunggulan tempat usaha Ellin, adalah posisi yang
strategis dan dekat pasar.
Meski dekat pasar namun mini market
Ellin ‘outstanding’ dengan konsep swalayan dan harga bersain, orang
orang yang datang memilih belanjaan mereka sendiri.
Mengenai pemilihan lokasi adalah
penting dalam setiap usaha, tidak terkecuali mini market. Konsultan
Madani retail Asep Sujana mengatakan, posisi paling baik adalah di
perumahan dan dekat pusat bisnis. Dilihat juga jarak antar mini market.
Lokasi yang menarik akan tambah ciamik
dengan promo menarik. Karakteristik mini market adalah memiliki desain
dan konsep swalayan dan juga promo. Sebaiknya promo jangan dadakan,
melainkan sudah dikonsep per bulan atau per momentum. Tanggal yang
paling tepat kata Asep adalah 25 akhir bulan sampai 5 awal bulan. Pas
gajian pas belanja bulanan. Sementara promo bisa dibuat per bulan
misal, Januari promo awal tahun, Juni promo liburan sekolah, atau
Agustus promo merdeka mengenang kemerdekaan Indonesia.
Biaya promo sebenarnya tidak mahal, dan
tidak akan mengurangi margin. Triknya dengan bekerjasama dengan
supplier. Barang barang tertentu diberi diskon menarik, atau gratis
souvenir.
Jika tampilan dan promo sudah
mendatangkan konsumen loyal, kini saatnya membenahi administrasi
keuangan mini market Anda. Untuk mini market dengan produk lebih dari
3000 buah, sudah perlu laporan yang terkoneksi system komputer untuk
mempermudah pengecekan stok. Jadi arus barang masuk dan keluar, serta
pembukuan lebih ringkas. Cara cara pencatatan manual akan merepotkan
anda.
Mini market yang semakin ramai juga
membutuhkan pengawasan ekstra. Pengusaha mini market dari sumatera
utara Ellin Munthe menggunakan kamera pengintai. Dengan begitu kata
dia, pengunjung jahil merasa sedikit terintimidasi.
Membangun usaha mini market memang
gampang gampang susah. Ellin membuktikan dia bisa, meski tanpa
bimbingan ahli. Namun jika Anda membutuhkan konsultasi yang lebih rinci
dan privat, bisa menghubungi Asep Sujana dari Madani retail Indonesia
di 08111882601 atau email di asep.sujana@gmail.com Bisa juga mengakses situs di www.madanimart.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar