Sektor ritel merupakan salah satu bisnis yang masih
sangat menarik untuk terus maju. Tapi rupanya bisnis ritel secara global
menghadapi tantangan besar karena adanya perubahan perlikau konsumen. Tak bisa
dipungkuri konsumen yang semakin cerdas dan melek terhadap teknologi menjadi
suatu tantangan tersedendiri bagi pemain bisnis ritel. Terlebih lagi dengan
bertamabahnya bisnis e-commerce di Indonesia.
Press Conference EuroShop 2014
Seperti yang diungkapakan oleh Pudjianto, Ketua Umum
Aprindo, dalam 5 tahun terakhir terdapat pertumbuhan yang baik, bahkan untuk
FMCG dalam 5 tahun kebelakang selalu mengalami pertumbuhan doubel digit. “Ini
didorong dengan perekonomian Indonesia yang terbilang masih bagus dan mungkin
saja dalam lima tahun ke depan e-commerce akan juga ikut bertumbuh,” ujarnya.
Perubahan perlikau konsumen ini bisa disiasati dengan
membuat desain toko yang lebih atraktif. Para pelaku industri retail dapat
memanfaatkan event besar EurosShop yang akan diadakan tahun depan di
Duesseldorf, Jerman. Perubahan perilaku membeli para konsumen dan meningkatnya
kepentingan secara online menghadirkan konsekuensi yang luar biasa pada desain
tempat jual produk ritel.
“Pada banyak sektor di masa depan pembeli akan memcari
kelebihan apa membeli produk langsung di tokonya. Pada saat yang bersamaan,
konsultasim pelayanan, dan interaksi langsung dengan konsumen menjadi pembeda
penting dari membeli barang melalui situs online,” jelas Ulrich Spaan, SCP EHI
Retail Institute Cologne, Germany.
Pameran yang akan digelar tahun depan depan pelaku ritel
dapat melihat dan mencoba berbagai teknologi yang dapat meningkatkan nilai pada
toko. Sehingga pembeli tetap tertarik untuk belanja langsung ke toko. EuroShop
tahun depan akan dilangsungkan di ruang pameran seluas 110775 m2 yang tentu
saja akan membawa lebih banyak exhibitor di bidang ritel.
Direktur PT Wahana Kemalaniaga sebagai representative dari
Dusseldorf and Brno Trade Fairs, Rini Sumardi menyamapikan tahun depan ada satu
exhibitor berasal dari Jakarta. Selain itu ia juga menambahkan menargetkan
lebih dari 100 pengunjung akan ikut dalam eksebisi ini. EuroShop tahun depan
juga akan diselenggarakan secara bersamaan dengan Retail Design Conference.
“EuroShop 2014 adalah tempat di mana konsep desain toko
dapat dibahas dalam dialog langsung, di mana solusi ritel dapat dirasakann
lebih dekat,” jelas Elke Moebius, Director EuroShop, Messe Dusseldorf GmbH,
penyelenggara EuroShop. (EVA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar